Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Kecepatan load website sangat penting, karena menurut Google, jika sebuah website tidak tampil isinya dalam waktu 5 detik, maka pengunjung akan menutup web dan mencari referensi lain, banyak web analisa yang menyediakan saran optimasi web, salah satunya Google PageSpeed.

Google PageSpeed selain menyediakan layanan analisa website, PageSpeed juga menyediakan saran untuk optimasinya, setiap hasil analisa memiliki solusi berbeda, untuk blog ini memiliki poin seluler 72/100 dan poin desktop 80/100, mungkin nilai ini tidak besar, namun hasilnya tiap artikel di blog ini akan muncul lebih dahulu isinya, tentunya itu tidak akan membuat pengunjung bosan menunggu atau mencari referensi lain.
PageSpeed insights result blognafaro

Namun menurut faro, kecepatan tampilan website dengan banyaknya isi atau menariknya isi website itu berbanding terbalik, seperti misalnya faro ingin tampilan blog bagus dengan menambahkan banyak widgets dan gambar, namun alhasil kecepatan load blognafaro menjadi sangat lambat. Jangankan pengunjung, bahkan faro sendiri tidak betah dengan hal itu.

Setelah tau google PageSpeed, faro mulai mengikuti saran yang ada di dalamnya, dengan harapan blog faro akan muncul terlebih dahulu kontennya, karena konten blog adalah jantung blog. dengan tetap memberikan tampilan blog tetap menarik.
 
Tips 1. Prioritaskan konten yang terlihat.
hal ini berkenaan dengan template yang anda pakai, template yang baik adalah template yang menampilkan isi terlebih dahulu sebelum widgets, jika anda pengguna blogger, anda bisa melihat urutan konten yang ditampilkan di bagian template > jump to widget/lompat ke widget. sebuah template blogger yang baik telebih dahulu menampilkan header dan blog1. Lebih baik anda mengganti template web anda jika Aturan ini bewarna kuning atau merah

Tips 2. Mengurangi waktu respons server
hal ini berkenaan dengan server yang anda gunakan, untuk blogspot sudah pasti lolos karena blogspot memiliki waktu respons yang cepat, namun berbeda jika anda meng-host web sendiri, anda harus memilih virtual server yang cepat. Lebih baik anda mengganti server hosting anda jika Aturan ini bewarna kuning atau merah.

Tips 3. Memperkecil CSS
CSS pada template anda dapat diperkecil dengan menghapus semua komentar, namun itu saja tidak cukup, sebisa mungkin CSS yang anda gunakan efisien, maksudnya adalah semua kode di dalam CSS tersebut digunakan dalam html anda. Faro sarankan menggunakan tool ini : Minify CSS Online

Tips 4. Hindari Pengalihan laman Landas
maksudnya adalah sebisa mungkin untuk menampilkan website anda, pengunjung tidak harus dialihkan ke suatu web terlebih dahulu. Aturan ini untuk pengguna blogger mungkin banyak yang lolos karena secara harfiah, blogger hanya mengalihkan laman sesuai dengan perangkat yang dipakai, sebagai contoh jika anda pengguna komputer maka akan muncul web versi desktop, jika pengguna handphone maka akan muncul versi mobile. Namun, sangat disayangkan jika suatu web untuk masuk kedalamnya harus dialihkan untuk melihat iklan di suatu web tertentu (seperti linkbuck atau adf.ly), hal ini selain memperlambat waktu load website, juga membuat pengunjung merasa kurang nyaman.

Tips 5. Memampatkan HTML
Aturan ini mengharuskan kita untuk membuat struktur HTML yang efisien, sehingga waktu pengunduhan halaman website tidak lama. ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membuat sebuah HTML menjadi efisien, yaitu dengan menggunakan CSS dan Javascript eksternal.

Tips 6. Memperkecil Javascript
Aturan ini berlaku pada Javascript eksternal, javascript diperkecil dengan cara menghapus semua komentar didalamnya. Faro sarankan untuk menggunakan tool ini : Minify Javascript Online

Tips 7. Optimalkan Gambar
Aturan ini banyak yang tidak lolos (berwarna kuning atau merah) saat para blogger menambahkan beberapa widgets di webnya seperti related posts atau hal lainnya, script yang digunakan umunya tidak memiliki width yang jelas pada gambar, ini yang akan membuat tidak lolos aturan ini.

Tips 8. Aktifkan Pemampatan
Aturan ini berlaku untuk pengaturan server, pengaturan gzip atau deflate berbeda - beda tiap server, pada server apache, deflate diatur di dalam file .htaccess, namun jika anda pengguna blogger, anda tidak perlu khawatir karena semua elemen blogger sudah termampatkan, kecuali resources css atau javascript eksternal anda. Jika web anda tidak lolos aturan ini, faro rasa itu tidak mengapa, karena dari pengalaman faro, dengan memampatkan resource eksternal dari server malah akan membuat resource tadi tidak berjalan dengan baik di blogna Faro. Sebaiknya menggunakan tips 3 dan tips 6 diatas.

Tips 9. Menghilangkan Javascript, dan CSS yang memblokir konten paruh atas.
konten paruh atas menurut Google PageSpeed adalah semua konten yang berada di daerah header sampai footer. Hal ini sering diremehkan oleh kebanyakan pengguna blogger, seperti memasang javascript eksternal di bagian head, pengunjung akan bosan menunggu web anda termuat karena terganjal waktu download dan render javascript.

Oleh karena itu ada baiknya menaruh javascript eksternal setelah footer, seperti jquery dan pluginnya, buatlah pengunjung anda senang dengan menampilkan isi web anda terlebih dahulu, dan buat pengunjung terpesona web anda menjadi cantik seiring pengunjung membaca

Meski begitu ada widgets yang mengharuskan kita memasang javascript eksternal didalamnya, hal ini tidak perlu menjadi masalah karena widgets terletak dibawah blog post sehingga tidak mengganggu tampilnya isi blog anda.

Jika anda masih tetap ingin memasukkan javascript di head, namun tidak ingin mengganggu tampilnya isi web anda, anda bisa menggunakan javascript asynchronous, silahkan baca artikelnya disini.

Tips 10. Manfaatkan Penyimpanan Cache Browser.
Ini adalah aturan yang kebanyakan website atau blog gagal memenuhinya, alasannya karena kadaluarsa file terlalu cepat (kurang atau sama dengan 24 jam), hal ini sulit dihindari, terutama jika anda pengguna blogger, alasannya yaitu gambar yang dihost oleh blogger hanya memiliki kadaluarsa 24 jam, artinya setelah anda mengunjungi web ini dan mendownload semua gambarnya, setelah 24 jam anda mengunjungi web ini lagi maka anda harus mendownload ulang semua gambar.

lebih lengkapnya silahkan kunjungi artikel cara mengatur tanggal kadaluarsa pada header http disini

Selain itu tidak semua elemen web berada dalam kendali kita, seperti javascript atau css yang digunakan oleh widgets.

Tidak ada cara khusus untuk menanggulangi ini, yang harus anda pastikan adalah pastikan semua file CSS dan Javascript eksternal anda tidak masuk dalam daftar peringatan aturan ini, karena jika itu terjadi, maka pengunjung harus mendownload ulang semua resource CSS dan Javascript anda hanya untuk membuka artikel anda yang lain. Hal ini dapat diatasi dengan mengatur penyimpanan cache file pada server hosting yang anda gunakan.

Sekian pendapat Faro mengenai cara mempercepat load blog, mohon maaf jika ada kesalahan. dan Semoga bermanfaat.

Post link : http://www.blognafaro.com/2013/11/cara-mempercepat-load-blog-website-ala-google-pagespeed.html

Cara Mempercepat Load Blog (Website) ala Google PageSpeed

Cara Mempercepat Load Blog (Website) ala Google PageSpeed
Ringkasan : bagaimana menurut anda kecepatan tampilan blog ini ? berikut tips yang faro gunakan untuk mempercepat loading blog ala Google PageSpeed .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Thursday, November 21, 2013

26 comments

boleh di coba infonya tuh...

di tunggu yah kunjungannya

terima kasih penjelasannya, sangat membantu sekali. Emang agak susah memodifikasi loading platform blogger

makasih mas,
tapi masih kurang paham ;-(

gan, kalau blog ku yang merah itu manfaatkan penyimpanan cache itu gimana gan, dropberat nih. dihosting sama blogger alias blogspot

sebenarnya kalau menggunakan gambar yang dihost sama blogspot (cache 24 jam) tidak begitu berpengaruh gan, sewaktu pertama buka blog agan, memang sedikit lama, seteah saya coba telusuri di google pagespeed, blog agan menampilkan banyak gambar, padahal di homepage hanya beberapa gambar saja, saya yakin gambar itu ada karena agan menggunakan auto readmore, ada baiknya agan menggunakan page-break yang telah tersedia agar lebih effisien.
https://support.google.com/blogger/answer/154172?hl=en
untuk mengecek apakah sebuah blog menggunakan auto readmore atau page break, agan nonaktifkan terlebih dahulu javascript di settingan browser, kemudian mengunjungi homepage blog. :)

makasih atas sarannya ya gan, mau buat auto read more soalnya lebih enak pakai itu. tapi akibatnya besar sekali, score awal itu 87 terus drop jadi 78

makasih infonya. bermanfaat sekali bagi saya

Cache browser & Page cache ngefek banget tuh buat nyepetin loading page
Ditambah minify JS & CSS tambah OK, apalagi pake CDN. Speed dewa XD

iya gan (y) , tapi sayang banget blogger macam saya belum mampu buat sewa CDN :(

Terima kashi atas informasi yang sangat membantu ini, namun disini saya belum paham masalah cara meminimalkan kode HTML dan java script, mohon petunjuknya

untuk html, dapat diminimalkan dengan menaruh css dan javascript di eksternal, untuk javascriptnya tuh mas bisa menggunakan minifier :)
css dan javascript eksternal yang memiliki masa kadaluarsa lama membuat load page lebih cepat karena tidak perlu mendownload ulang css dan javascript tersebut, seperti itu mas..

Terima kasih gan atas tips nya, tapi memang kalo memakai CDN jadi tambah cepat loadingnya

gak sekalian sama tutorial nya satu persatu gan? hehe kebetulan masih banyak yang harus di perbaiki nih

Saya masih kurang paham cara mengatasi pesan dari google speed "Hindari pengalihan laman landas" , tolong lebih jelas di terangkan mas, agar saya bisa memperbaiki kesalahan saya ... trimakasih :D

Mungkin pada web mas tampilan versi web dan versi mobile tidak berhubungan, cintohnya link web adalah www.blonafaro.com, link mobile m.blognafaro.com, versi mobile dengan susunan html, js dn cssnya tidak sama dengan versi web, banyak hal yg menyebabkn itu mas, di web saya saja terdiri dr ?m=0 untuk versi web dan ?m=1 utk versi mobilee.. seolah emang tak bisa dihindari..

lagi nyimak gan, di ctrl+D dulu ini blog. Semoga kg gagal paham ane gan. Makasih banyak infonya gan

untuk mengatasi Prioritaskan konten yang terlihat apakah memang harus ganti template mas?

Makasih mas infonya bolrh di coba nih..

Mantap gan artikelnya boleh di coba nih cara mempercepat blog.

terima kasih mas untuk artikel percepatan website/blognya. setidaknya menambah ilmu bagi saya ;-)

tapi kenapa saat saya test blog anda kok masih merah, untuk selluler, dan masih kuning untuk dekstpo? mohon maaf yah gang

andaikan script google ads, plugin facebook, alexa dan google plus bisa saya kontrol bisa nih blog jadi ringan hijau di pagespeed gan.. :(

 
Top