Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Seperti judulnya, artikel ini berisi dasar SEO untuk mesin pencari Google, Sehebat apapun SEO onpage website kita, jika kita tidak melakukan dasar - dasar SEO Google, hasilnya tidak akan maksimal.

Search Engine Optimization Guide by Google

Artikel ini dibuat sebagai bahan referensi bagi saya, karena setelah pindah domain, artikel susah masuk di pencarian google, sebelumnya (menggunakan subdomain blognafaro.blogspot.com) setelah saya mempublikasikan suatu artikel, saya melakukan pencarian dengan kata kunci judul artikel dan artikel saya masuk di pencarian (tanda artikel telah terindeks), tetapi setelah pindah domain (blognafaro.com) , artikel yang saya posting memerlukan waktu lebih lama untuk masuk ke pencarian google, dan akhirnya saya sadar bahwa saya hanya memindahkan domain (beserta SEO onpage blog) tanpa memindahkan SEO Google, kemudian saya mulai mengingat - ingat mengenai dasar - dasar SEO Google yang pernah saya lakukan dulu, dengan tulisan ini semoga bermanfaat bagi teman - teman.

Dasar - dasar SEO Google dapat anda temukan di Google webmaster. Untuk log in, gunakan akun google disini : http://www.google.com/webmasters/

Setelah masuk google webmaster, tambahkan situs jika anda belum pernah membuat sebelumnya, atau pilih situs yang telah anda tambahkan.

Setelah masuk kedalam webmaster anda, anda akan menemukan beberapa pilihan, yakni :
  • Dasbor situs
  • Pesan situs
  • Tampilan penelusuran
  • Lalu lintas penelusuran
  • Google Indeks
  • Perayapan
  • Masalah Keamanan
  • Sumber Daya Lainnya
  • Lab
Faro tidak akan menjelaskan satu - satu mengenai bagian - bagina diatas, langsung ke yang penting saja. 

Di Dalam Tampilan penelusuran, akan tampil tentang bagian - bagian website anda, website dengan bagian yang jelas akan mudah ditampilkan di pencarian google, gunakan template yang SEO onpage untuk website atau blog anda.

Penyorot Data membantu membentuk markup struktur web anda, markup website menentukan tampilan website atau blog anda, memberikan markup data yang jelas pada template merupakan SEO onpage.

Penyempurnaan HTML akan berisi tentang kecacatan website, biasanya jika anda menggunakan blogger, kecacatan website pasti terjadi, contohnya duplikasi judul, deskripsi atau hal lainnya, alasannya sederhana, blogspot memiliki 2 url berbeda untuk sebuah artikel yang sama, contoh mudahnya www.blognafaro.com/ memiliki konten yang sama dengan www.blognafaro.com/?m=0, tetapi dianggap dua url berbeda, solusinya ... um, faro biarin aja :D
Iya karena meredirect page www.blognafaro.com/?m=0 ke www.blognafaro.com menggunakan javascript rasanya percuma, googlebot melhat website dari sourcenya, bukan dari tampilannya.. 

Taut situs atau sitelink, adalah sebuah bentuk tampilan pencarian di google yang formatnya berisi link cepat ke website, taut situs sifatnya masih otomatis, google akan secara otomatis membuat taut situs di website anda jika banyak pencari yang meng-klik suatu artikel, jadi belum bisa manual bikinnya, nah fingsi di webmaster, taut situs ini adalah demosi url, maksudnya jika ada url di taut situs yang tidak ingin anda tampilkan, tinggal masukkan aja urlnya, nanti link taut situs tadi akan hilang.

Google Indeks : Hapus URL, gunanya untuk menghapus sebuah URL website yang tidak anda inginkan, contoh misalnya di pencarian google muncul link mati dari website anda (link mati karena artikel sudah dihapus dll), maka anda bisa menggunakan layanan ini untuk menghapus link mati tadi dari pencarian google.

Perayapan ,nah di bagian ini yang menentukan tampilnya website di pencarian google, jika anda pengguna baru webmaster, lakukan hal berikut :

Klik tab "Ambil sebagai Google", setelahnya anda akan mendapati kuota pengambilan sebanyak 500, fungsi dari ini adalah memasukkan website secara manual ke indeks google.
Pertama, ambil url homepage anda, biarkan kolom kosong kemudian klik ambil.
Kedua, pasti anda akan capek jika memasukkan semua link artikel satu persatu ke indeks google, untuk menghematnya, anda bisa menggunakan feed atom web anda, jika anda pengguna blogger, atom feed anda akan seperti ini :
atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Nah masukkan url diatas kedalam kolom tautan, kemudian klik ambil.
Jika website anda memiliki lebih dari 500 artikel, maka gunakan start-index=501 , kemudian 1001, 1501 dan seterusnya.

Setelah status pengambilan sukses, maka kirimkan semua link ke indeks, nantinya website anda akan tampil di pencarian google, sebelum faro melakukan ini, faro mencari blognafaro.com di google tapi tidak menemukan hasil, setelah mengirimkan atom feed, blognafaro.com muncul di google.

Selanjutnya adalah Peta Situs (sitemap).
Peta situs berguna untuk memudahkan googlebot merayapi website anda, tambahkan peta situs berisi atom feed blog anda, sama seperti memasukkan atom feed sebelumnya.

Nah itu saja yang menurut faro penting selain SEO onpage dan mencari backlinks..
Semoga Bermanfaat.

Post link : http://www.blognafaro.com/2013/11/trik-dasar-seo-google.html

Trik Dasar SEO Google

Trik Dasar SEO Google
Ringkasan : artikel ini berisi dasar SEO untuk mesin pencari Google, Sehebat apapun SEO onpage website kita, jika kita tidak melakukan dasar - dasar SEO Google, hasilnya tidak akan maksimal. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Friday, November 29, 2013

4 comments

thanxs infonya mastah....pantesan aja index blogg ane tidak stabil... salam kenal

Gan, maksudnya :

atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

itu diletakkan dimana gan?

disini gan, http://tinypic.com/r/xdscpu/8 (y)

 
Top