Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Apa jadinya jika sebuah komputer hanya mengenal bahasa mesin seperti 100011 00011 ? pasti penggunanya akan sangat kesulitan memahami maksud kode tersebut. Pada tahun 1944, seorang wanita mengajarkan komputer bahasa manusia, namanya Grace Murray Hooper.


Grace Murray Hopper (9 Desember, 19061 Januari,1992) adalah seorang kapten angkatan laut Amerika dan seorang programmer wanita yang ikut mengembangkan komputer umum pertama dunia (Mark 1). Jasa beliau yang sangat berharga adalah penemuan compiler COBOL, program yang mengubah source code menjadi bahasa mesin, COBOL adalah bahasa pemrograman dasar pada komputer. Sehingga ditemukannya bahasa pemrograman modern seperti C, Java, Python dan Ruby.

Bu Hopper bisa dibilang adalah seorang matematikawan yang luar biasa, beliau mengajarkan komputer tentang bahasa, yaitu bahasa pemrograman, sehingga mesin yang tadinya hanya berbicara dengan angka yang sulit dimengerti, kini bisa berbicara dalam bahasa Inggris maupun bahasa lainnya. Tentu ini memudahkan programmer untuk membuat aplikasi komputer.

Salah satu istilah yang beliau ciptakan dan sampai sekarang digunakan adalah "bug", "bug" dalam komputer merupakan istilah untuk masalah - masalah yang ada pada komputer atau software. Istilah bug tersebut berawal dari sebuah kerusakan yang terjadi pada salah satu proyek yang ditanganinya, yaitu komputer MARK II, setelah beliau memeriksa sistemnya, ternyata kerusakan diakibatkan oleh seekor ngengat yang ditemukan mati di kabel jaringannya. Mulai saat itu, setiap kali terjadi sesuatu yang tidak beres pada komputer, beliau berkata, "ada bug di dalamnya.", lama kelamaan dan sampai sekarang, semua orang menggunakan "bug" sebagai kata umum untuk permasalahan pada komputer.

Atas jasa beliau, banyak penghargaan yang telah diterimanya, salah satu bentuk nyata adalah pemberian codename "Hopper" pada salah satu kapal penghancur NAVY, pemberian kode nama "Hopper" pada super computer NERSC (National Energy Research Scientific Computing Center), dan para programmer wanita yang bekerja di Microsoft, membuat grup karyawan bernama "Hopper", grup ini kini memiliki anggota lebih dari 3000 orang di seluruh dunia.

Semoga artikel ini menghibur anda.

Post link : http://www.blognafaro.com/2013/12/grace-hopper-wanita-yang-mengajarkan-komputer-berbicara.html

Grace Hopper, Wanita yang Mengajarkan Komputer Berbicara

Grace Hopper, Wanita yang Mengajarkan Komputer Berbicara
Ringkasan : Apa jadinya jika sebuah komputer hanya mengenal bahasa mesin ? pasti penggunanya akan sangat kesulitan memahami maksud kode tersebut. Pada tahun 1944, seorang wanita mengajarkan komputer bahasa manusia, namanya Grace Murray Hooper. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Monday, December 16, 2013

4 comments

berkat bu hopper komputer smakin mudah digunakan, trimakasi bu..
trimakasih jg sob, jadi tau

pperibu ini sangat sangat berjasa buat kita, tidak heran google mengapresiasi dengan merayakan ultah beliau di laman depan google ;) terimaka grace Ho

 
Top