Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Masalah yang pernah faro alami adalah sebelum pulang dari kampus, faro melakukan mode sleep pada laptop, namun sesampainya di rumah faro lupa untuk menyalakannya kembali, padahal baterai laptop sudah sangat sedikit.
Setelah beberapa lama, faro ingat untuk menyalakan laptop yang tinggal sedikit baterainya, faro ambil dari tas dan faro melihat lampu indikator sleep mati (biasanya kan kelap kelip), faro pikir itu mati biasa karena laptop memang sudah dalam keadaan minim baterai.

Hal yang pertama kali faro lakukan adalah mencolokkan charger ke laptop, memang benar indikator di charger hidup, menandakan charger tidak ada masalah, namun lampu indikator baterai charging di laptop tidak menyala, faro pikir ada sesuatu yang menyumbat ujung konektor (karena jarang sekali ada kabel konektor yang putus) , akhirnya faro bersihkan konektor menggunakan cotton bud, lalu faro coba colokkan lagi, dan hasilnya masih tetap sama. Akhirnya faro uji cobakan charger ke laptop lain, dan ternyata masih bisa bekerja dengan baik.

Kemudian faro browsing dan menemukan sebuah solusi umum, yaitu hard reset laptop, caranya tutup layar, copot baterai, copot charger, tekan tombol power selama 3 menit, pasang baterai, pasang charger, lalu coba hidupkan laptop. Hasilnya laptop tetap tidak bisa dinyalakan, faro pun mulai memikirkan kemungkinan terburuk, yaitu laptop harus ganti hardisk atau mungkin motherboard.

Rasanya memang kurang masuk akal jika karena hal sekecil itu, laptop ini kemudian bermasalah di motherboard. akhirnya faro tidak putus asa pada solusi umum di atas, setelah faro copot charger dan baterai, faro tekan tombol power selama 3 jam, rasanya memang melelahkan namun hasilnya sangat memuaskan, lampu indikator charging di laptop menyala dan laptop faro bisa digunakan kembali.

catatan : sebenarnya jika diakumulasi, faro menekan tombol power lebih dari 4.5 jam, karena sebelumnya faro tekan tombol power selama setengah jam dan 1 jam dan hasilnya nihil.

jika anda merasa menekan tombol power selama 3 jam itu melelahkan, berdasarkan pengalaman lain yang pernah faro temui, anda bisa melakukan hard reset dengan cara melepas baterai dan charger dari laptop, kemudian tidak menggunakannya selama 3 hari.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Post link : http://www.blognafaro.com/2014/04/solusi-laptop-mati-total-tidak-bisa-dinyalakan.html

Solusi Laptop Tiba Tiba Mati Total (Tidak Bisa Dinyalakan)

Solusi Laptop Tiba Tiba Mati Total (Tidak Bisa Dinyalakan)
Ringkasan : laptop tiba tiba tidak bisa dinyalakan, padahal charger baik, namun indikator charging di laptop tidak nyala, ini solusinya. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Sunday, April 20, 2014

62 comments

sorry mau nanya, ini kisah beneran ngalamin sendiri apa ga ya? soalnya lg ngalamin jg nih, tp blm nyala-nyala..

saya alami sendiri mas, alhamdulillah sampe sekarang laptop saya masih bekerja dgn baik :)

wah..laptop saya juga gitu mas. btw, itu mencet 3 jam terus-terusan atau gmn?? apa nggak pegel mencetnya?? atau putus-putus mencetnya?? #bingung_banyanginnya....

sambil nonton youtube 3 jam nggak kerasa mbak, hehehe nonstop, bisa jadi mungkin 2 jam fixnya, tapi saya yang nggak kerasa mencet terus..

itu laptopnya merk apa mas? sapa tw sama kayak punya saya...#jadi ada temen e.. :)
sekarang aq lg nyoba hard reset yang di copot 3 hari..semoga bisa sembuh... niatnya mau ke service center tp belum ada waktu....
kasus kayak gini tergolong parah nggak c mas? soalnya laptopku masih terhitung baru (masih garansi) kalau tiba-tiba rusak parah tanpa sebab (gag jatuh,gag kena air jg) kan aneh...mohon pencerahannya... :) makasih....

merek dell inspiron n4030 mbak..
laptop saya sudah tua (umur 4 tahunan).
mbak berutung masih dalam waktu garansi, karena bisa jadi itu cacat pabrik, jadi sebaiknya mbak luangkan waktu ke service center saja. :)
parah atau tidaknya menurut saya iya parah mbak, kan tidak bisa hidup.
jika service center nanti bilang permasalahan ada di hardisk, y mbak harus relain semua data yang ada di hardisknya, tapi jika masalahnya di tempat lain, mbak bisa minta tolong untuk meng-copy isi hardisk ato minta tetap menggunakan hardisk lama. :)

wah...begitu ya mas...makasih informasinya mas. banyak membantu sekali....terutama membantu perasaan saya yang galau keran laptop nggak bisa nyala...hehehhe..
kalau nggak keberatan, silakan mampir ke blog saya mas... :) www.galerygamisku.com
terima kasih....

iya mbak, terima kasih telah berkunjung :)
oh iya blog mbak yang benar itu galerigamisku.com :)

Oia...hahaha...salah ketik,,,makasih diingatkan... :)

Aku punya masalah yang hampir sama. cuma kalo aku laptopnya memang aku matiin, tapi waktu aku coba nyalain Besoknya laptopku udah nggak mau nyala. Waktu coba aku charge, karena aku kira baterai nya habis, lampu indikator sedang mengecharge dilaptop nyala tapi laptopnya tetep nggak nyala. Bisa kasih ide nggak, sebenernya laptopku kenapa?

jika laptop dimatikan secara baik (shutdown tentunya) kemungkinan besar itu karena laptop kepanasan, pengalaman dari temen nih laptopnya dia shutdown dan dalam keadaan panas langsung dimasukkan ke tas, tapi kalo kejadiannya berbeda, maka caranya dicoba hardreset juga, banyak caranya, salah satunya ada disini
http://en.kioskea.net/forum/affich-31465-laptop-shut-off-will-not-turn-back-on
semoga berhasil :)

Walahhh sama persis nih..
Abis semaleman di cas trus ditinggal tidur modus standby paginya malah bermasalah..
Agan faro waktu colokin lampu indikator charger di laptop kedap kedip ga?

maksudnya indikator charge jalan atau tidak gitu y gan?
saya dulu itu tidak hidup gan indikator charge di laptopnya

kak,aku pake notebook asus .umurnya 2,5 tahun .akhir2 2014 gitu kan batrenya boros bgt(30 persen tb2 mati sendiri) yaudah aku jd jarang bgt pake batre(cuma di colok ke charge dgn batre dicopot) .selama ini sih gak prnh bermasalah.eh tiba2 pas aku pake dgn kondisi ada batre dan sambil di charge kok indikator pengisian batrenya kedip2,trus di monitor batrenya gak isi,yaudah ku matiin dan lepas batre dan pasang charge,dan ttp gak mau nyala,aku pasang batre ttp gaku mau nyala,pasang batre sambil di charge pun juga gak nyala,lampu yang di charge pun juga mati .itu kira2 gmn ya kak :( ?makasih :)

Bisa jadi itu chargernya yg bermasalah , udah pernah nyoba pke charger lain dr merek n tipe yg sama?

Mas aku juga gitu sama nih. Waktu di cas lampu indikator yang di laptop gk nyala . apa selama itu mencetnya?

mas laptop saya nga bisa nyala selain cara yg ada disitu ada cara lain gk?

joss bnget om ..
laptop ku nyala lg
cuma 5 menit aja tahan tombol power,, gk nyampe 3 jam .. hahaa

@solichin : maaf mas, saya kurang tau untuk cara lainnya karena yang saya bagikan di sini berdasarkan pengalaman saya sendiri
@anrem nidren : syukurlah kalo cuma 5 menit gak perlu capek capek nahannya :D

kalau laptop saya saya pakai smlem cma 4 jam dah slesai saya shot dwon pgeny mw hidupin g bisa lge tpy dia pnya lampu adaptor hidup kedip trus mati lge itu knapa gan

mnta bantuanya gan

gan itu lampu indikator di charger ato di laptop? kalau indikator di laptop, coba agan hidupkan laptopnnya dengan melepas baterai dan mencolokkan chargernya.
ada temen yang dapet masalah indikator di laptop kedap kedip berwarna merah, ternyata itu karena baterai laptop yang soak sehingga tiap kali make laptop harus colokkan charger gitu.

kak, mau nanya nih. kan kemaren tuh laptok ku tiba-tiba mati padahal nggak dipake apa-apa layar tiba" mati. karn aku pikir batre abis aku charge deh, nah lampu indikatornya nyala, nah waktu aku nyalain nggak bisa. aku tanya temen katanya suruh ganti hardisk, tapi laptoku masih baru baru setaunan masa udah ganti hardisk. terus kalo reset yang 3 hari nggak dipake tu efektif nggak ya ?

sepengalaman saya, hardisk yang rusak gejala awalnya itu ketika membuka suatu folder berisi video, maka windows akan sangat lama dalam menscan isi folder tersebut, jika sudah parah maka saat dihidupkan, windows tidak bisa masuk ke mode log in, jadi mati-nya laptop tidak selalu berkenaan dengan masalah di hardisk.
hard reset patut dicoba jika memang tidak terjadi apa-apa sebelumnya, selain cara yang saya pakai di atas, banyak cara lainnya kok.
kasus terburuk yang sangat jarang terjadi pada laptop baru yakni motherboard failure.
positif thinking dulu deh ;)

ane juga ngalami nih mas, duh bingung nie mau diapain..

tadi sebelum tak tinggal keluar masih nyala normal. pas saya pulang laptop saya mati, kirain cm abiz batre biasa.
tp tak chas kog ga nyala lampu indikator di laptopnya.

pgn mraktekin tips dari agan tapi takut buat bongkar2 laptopnya, takut malah nambah buruk ntar. hehe

trimakasih teman, dengan tekan tombol power skitar 5 menit, laptop aku udah bisa hidup lagi.... alhamdulliah.. sangat bermanfaat..

gan laptop ane kasusnya sama kyk u nih..
lg pake batre msh 80%an trus ane sleep btr, mau dinyalain lg kok gk bsa, sama bgt khasusnya
trus kan kata agan cabut batre, jgn d colok pencet tombol power 3 menit
klo gk cabut batre bisa kah ? laptop ane asus A555L , batrenya nempel dalem body, klo mw lepas batre mesti bongkar body soalnya

Misi gan numpang nanya..hard reset itu kan harus copot baterai dulu...kalo umpamanya baterai udah nempel (istilahnya non-removable) tuh gimana cara hard reset nya? Apa harus bedah notebook dulu buat copotin baterainya? Ngomong ngomong notebook saya ASUS X453M...

Mohon pencerahannya gan...

gan laptop ane mati total padahal ane shutdown terus ane tinggal bentar keadaan charger lagi ngisi eh pas ane mau nyalain ga bisa lampu indikatornya juga mati ane coba cara yang kaya agan lakuin ga mau nyala juga...padahal baru service tgl.25/05/2015 senin lalu...mohon pencerehannya gan

umumnya kalo hard reset itu tekan tombol power selama mungkin gan, menurut http://support.hp.com/us-en/document/c01684768 itu termasuk hard reset buat non removable battery.

kalo baru service di tempat resmi biasanya ada garansi gan, lebih baik agan kesana dulu, maaf saya kurang begitu mengerti.

Mas mau tanya, laptop barusan lagi di chrge dan dinyalain dan lagi dipakai tau2 mati tiba2, mau dinyalain lagi laptop ga mau nyala sma sekali, cek di lampu Ac adapter chrgerannya nyala normaladapter pas dilepas dri lptop, tpi pas di colokin ke laptop lampu ac adapter chrgeran malah kedip2 dan lmpu indikator dilptop ga nyala sma sekali, itu kenapa ya? Mohon solusiny Mas.

Mas mau tanya, laptop barusan lagi di chrge dan dinyalain dan lagi dipakai tau2 mati tiba2, mau dinyalain lagi laptop ga mau nyala sma sekali, cek di lampu Ac adapter chrgerannya nyala normaladapter pas dilepas dri lptop, tpi pas di colokin ke laptop lampu ac adapter chrgeran malah kedip2 dan lmpu indikator dilptop ga nyala sma sekali, itu kenapa ya? Mohon solusiny Mas.

Terima kasih infonya laptop saya menyala kembali setelah panik 1 jam. Sukses terus bro

Misi gan, mau nanya kalo buat laptop yg btreix gak bisa dilepas udah nyatu sama bodyx gimana gan? Bisa pake cra ni ngak?

Gan pas saya lagi main game tiba tiba laptop saya mati tidak bisa nyala walaupun dan jika di charge lampu indikatornya tidak menyala... Tolong gan

gan ane mau nanya laptop mati total ketika dicharge ditancapkan indikator charge mati juga kemudian saya check dc jack saya lepas dan keluar normar dayanya

misi gan
mau nanya laptop yang mati total trus bila dicharge lampu indikator charge mati sudah saya dc jacknya normal dan arus listtrik dc normal, itu rusak apanya ya gan
terima kasih

Gan laptop saya merk asus tupe A43E mati. Saat pencet power on hanya muncul logo asus sebentar terus mati lagi . Tapi kalau saya lepas battery dan battery biosnya kemudian saya tancapkan charger, laptop laptop langsung nyala normal tanpa pencet power.Kira2 kenapa ya gan? Terima kasih atas bantuannya

kak mau tanya kan batre laptop saya emg uda stengah pas di pake nonton trus tiba2 mati gak ada pemberitahuan klo batre lemah. ya saya pkir lowbt kan trus bsok nya saya cas tekan power gak mau idup, uda lepas batre juga tetep gamau. gimana ya solusinya tolong bantu trimakasih

kak itu neken nya batre sama carger dilepas diteken slama 3jam ntar dia idupsendiri langsung. apa uda di tken slama 3jam kita pasang batre sm carger nya trus diidupin?

Notebook asus x200m ak tiba2 mati pas nyolokin usb k laptop lsg mati
Colokan usb d laptop akunya ada yg bengkok gt
Dipencet tombol power g nyala2.
Posisi lg dicas, pas mati lsg ak canut casanny, trs dicolokin lg lampu indikatorny g nyala. Fyi: batre notebookny nyatu, g bisa dilepas
Solusiny gmn yaa?? Mohon bantiannya asap kak mksh

kemaren punya temen batere laptopnya nyatu, dicoba pake cara ini gak bisa, terus liat di web laptop merk HP, ada kombinasi tertentu, nah berhubung ini asus jadi gak sama, terus aku suruh temenku itu mencetin power + tombol keyboard masing - masing selama 15 detik, sempet nyala semua indikatornya pada suatu kombinasi, tapi dia malah lanjut neken tombol powernya n akhirnya mati lagi tu laptop n gak bisa dihidupin, karen frustasi akhirnya pergi ke tempat servis laptop kena 450 buat benerin mainboardnya..
kalopun gak dicoba cara diatas langsung ke tempat servis laptop kenanya ya mainboard..
andai saya bisa bongkar pasang laptop y saya bongkar sendiri tuh laptop..
jadi mohon maaf teman - teman yang laptopnya gak bisa dicopot batere, karena cara ini buat yang bisa dicopot batere saja..

mas saya juga punya masalah yg sama dengan mas...
tapi sebelum nya, sebelum laptop saya mati,

saya sempat ngecas, tapi di sudut kanan, ada tulisan baterry charge not plug in, kondisi baterai pada saat itu sudah kritis...

8%lagi, dan sampai lah kondisi itu sampai laptop sekarang kondisinya mati total,

tolong pencerahannya bung faro...
kodisi charge indikator idup,
sama seperti kondisi yang bro faro alami,

apa dengan hard reset itu bisa menyelamatkan ???
dan bagaimana dengan kondisi baterry charge not plug in tersebut ???


saya bingung,
bagaimana saya mau menginstall microsoft acpi, ketika laptop saya sudah tidak bisa idup, dan tidak bisa mengcharge lagi ??

terimakasih sebelumnya bung faro...

Kalo sebelum mati tersebut terdapat icon charger not plug in, maka silahkan sobat lepas baterai laptop terlebih dahulu, colokkan chargernya, kemudian tekan tombor power laptop.

hasilnya jika laptop tetap tidak menyala, maka hal tersebut dikarenakan saluran listrik dari charger tidak sampai ke sirkuit.

coba gunakan charger lain dari merk n type laptop yg sama, jika laptop bisa dihidupkan maka masalah hanya ada pada charger saja.

namun jika tetap tidak menyala, maka bisa jadi kondisi lubang konektor kotor, atau hal lain yang mengganggu jalannya arus listrik dari charger menuju sirkuit motherboard.
motherboard saya kira tidak rusak, karena laptop masih menyala dengan kondisi charger not plug in, sehingga kemungkinan besar laptop mati total karena baterinya kosong.

sebaiknya sobat membawa ke service center dengan menceritakan kejadian tersebut.

Gan.laptop ane advan tahun 2009,masalahnya kalau abe hidupin tanpa carger setelah dampai logo windows lansung mati,tapi kalau sambil ngecas laptop hidup normal .kira2 apanya ya..
Pencerahannya,,makasih.

Jadi kak. Aku juga mengalami hal yang sama. Waktu itu leptop idup lama banget. Abis itu aku mode sleep. Setelah lama leptopnya kedap kedip lalu mati. Abis itu di hidupin ngga bisa. Sekalipun udah copot batre dan nyobain idupin tanpa batree. Idup palingan sefetik abis itu mati lagi.

Lagi ngalamin jg nih, masalahny sama persis... n lg nyobain smoga aj bsa aaamiin

Kak ,
Ntah serupa atau tidak saya mau nanya ,laptop ku susah dinyalain kalo mau dinyalain harus lepas batre dulu terus dipasang lafi terus dipukul baru bisa nyala, kalo lagi mati terus dicas kok lampu yang di laptop ga nyala tapi kalo di pake di laptop orang chargernya bisa ngecas gambar batere yang di laptop ada silang silang merah kaya peringatan mau mati gitu udah coba ke tukang service malah tambah parah speakernya jadi nggak nyala, nah yang sekarang ini nggak mau nyala nggak kaya biasanya gitu . Btw laptopku merek acer udah 4 tahunan

Kak ,
Ntah serupa atau tidak saya mau nanya ,laptop ku susah dinyalain kalo mau dinyalain harus lepas batre dulu terus dipasang lafi terus dipukul baru bisa nyala, kalo lagi mati terus dicas kok lampu yang di laptop ga nyala tapi kalo di pake di laptop orang chargernya bisa ngecas gambar batere yang di laptop ada silang silang merah kaya peringatan mau mati gitu udah coba ke tukang service malah tambah parah speakernya jadi nggak nyala, nah yang sekarang ini nggak mau nyala nggak kaya biasanya gitu . Btw laptopku merek acer udah 4 tahunan

Itu datanya nggak ilang semua ?

Fbnya Agan Nafaro apa nih?
Twitternya gak update yak?

Terima kasih Broo, laptop saya nyala mencetnya gak nyampe 3 Jam malah 1menit doang sangat membantu..

Klo di hard reset gini, data x bkalan hilang gk bang?
Sy tkut klo dta x hilang

1.indikator di laptop tidak menyala,
2.tidak bisa hidup baik dengan baterai, dengan casan atau keduanya,
3.tapi bisa hidup setelah saya cas semalaman.
4. Namun setelah dimatikan laptop kembali ke masalah 1 dan 2 , itu kenapa ya?
Kan kesel harus nunggu semalaman dulu baru bisa digunakan -__-
Mohon solusinya, terima kasih.

Saya sdh mlkukan cara2di atas hsilnya zonk sedih, apakah laptop saya ada yg short mohon bantuannya...

Saya sdh mlkukan cara2di atas hsilnya zonk sedih, apakah laptop saya ada yg short mohon bantuannya...

Terimakasih atas sarannya. Cukup membantu

aku mau nanya nih kalo neken selama 3 jam itu batre sama kabel chargernya gak di pasangkah? trus stelah 3 jam di pasang lagi?

terimakasih gan, sangat bermanfaat, saya tekan 5 menit bisa hidup kembali 😁

Adsalamualiykum... laptop lama ak ga pake trus ak nyalain dambil cas bisa... tiba tiba mati n tdk bisa nyala lg... bisa bantu share ga solusinya... trima kasih sebelumnya, salam...

 
Top