Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

SBMPTN adalah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, sebuah seleksi tulis yang sangat diminati karena peserta dapat memilih berbagai macam program studi dari perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

Faro masuk program studi Statistika di salah satu perguruan tinggi di Malang melalui jalur tulis ini, padahal untuk nilai rapor saat SMA, ada banyak angka 7 di dalamnya (yang pasti sulit diterima masuk perguruan tinggi jalur undangan/SNMPTN), nah pada kesempatan ini Faro ingin berbagi pengalaman tentang tips sukses ujian SBMPTN, ambil yang baik dan buang yang buruk ya.

TIP 1 : Berlatihlah dengan soal - soal Tes Potensi Akademik.
Tes Potensi Akademik (TPA) adalah tes yang akan anda hadapi pada ujian SBMPTN di hari pertama, jika anda pernah mengikuti tes IQ, anda pasti sudah mengenal tes ini. Faro sendiri membeli 3 buku yang berisi TPA dan mengerjakan hampir semua soal - soalnya selama 2 bulan. Hasilnya Faro merasa yakin mampu mengerjakan 80% soal ini dengan benar.

TIP 2 : Latihlah Kemampuan Dasar Umum anda.
Kemampuan Dasar Umum terdiri dari kemampuan Matematika Dasar, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, tes ini dilakukan di hari pertama juga, Faro sendiri merasa mampu menjawab tes ini dengan nilai yang memuaskan terutama setelah berkonsultasi dengan guru di sekolah.

Karena Tes Potensi Akademik dan Tes Kemampuan Dasar Umum dilakukan pada hari pertama, jadi kemungkinan besar ujian pada hari pertama SBMPTN adalah mengukur IQ anda.

TIP 3.1 : Fokuskan Kemampuan Dasar Saintek anda.
Tes Kemampuan Dasar Saintek adalah tes bagi peserta IPA, terdiri dari Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia. Tes ini dilakukan di hari kedua, masing masing studi memiliki kuota soal yang sama, dari pengalaman Faro sendiri, soal yang sebagian besar yakin telah dijawab dengan benar adalah Biologi dan Matematika.

TIP 3.2 : Fokuskan Kemampuan Dasar Sosial dan Humaniora anda.
Tes Kemampuan Dasar Saintek adalah tes bagi peserta IPS, terdiri dari Sosiologi, Sejarah, Geografi, dan Ekonomi.

Faro sendiri merasa belajar begitu banyak mata pelajaran itu sangat sulit, terlebih jika telah mengikuti bimbingan belajar, maka akan ada rasa malas untuk belajar di rumah. Namun beda rasanya jika saya mempelajari pelajaran yang disuka, ditambah dengan semangat ingin kuliah yang tinggi, tidak akan ada rasa malas lagi.

Tips menghadapi soal Tes Potensi Akademik.
Saat menghadapi Tes Potensi Akademik, anda tidak harus menghafalkan rumus - rumus di dalamnya, hal ini dikarenakan dalam TPA, tidak ada rumus yang sama, semua berdasarkan penalaran anda, dengan begitu yang anda butuhkan adalah melatih penalaran dengan mengerjakan dan mencocokkan hasil dengan kunci jawaban sesering mungkin.

"malPractice make perfect".

Tips mengerjakan soal Kemampuan Dasar Saintek atau Sosial dan Humanoira.
Kerjakan dari yang anda bisa terlebih dahulu.



Tips berdasarkan anjuran dari orang tua saya.
Jika anda beragama Islam, kerjakanlah sholat tepat waktu, kemudian setiap habis sholat bacalah Sholawat Nariyah sebanyak 5 kali, sehingga dalam sehari anda akan membaca minimal 30 kali sholawat. Kemudian berdoa meminta apa yang anda inginkan.

"Berdoa sebelum mengerjakan sesuatu haruslah menjadi suatu kebiasan."

Faro tidak mengikuti bimbingan belajar apapun, serta nilai rapor faro yang tidak layak untuk lolos SNMPTN Undangan, namun berbekal keyakinan dan semangat ingin kuliah, akhirnya saya bisa, jika orang seperti saya saja bisa, mengapa anda tidak?.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Salam sukses.

Post link : http://www.blognafaro.com/2014/05/kiat-sukses-ujian-sbmptn.html

Tips Sukses Ujian SBMPTN

Tips Sukses Ujian SBMPTN
Ringkasan : Berikut Ini adalah kiat - kiat sukses dalam ujian SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Friday, May 16, 2014

6 comments

Bang Faro lulus melalui SBMPTN? Keren (y)

Sekarang ini saya juga lagi nunggu pengumuman SNMPTN, doain lulus ya Bang :)

iya sob, wih pasti nilai rapornya bagus nih y.. (y)
semoga sob Irfan lulus SNMPTN, :)
kalo udah lulus, semester 1 dan 2 fokus ke kuliah dulu, jangan ngeblog ato maen game :D
tar malah jadi mahasiswa tua macam saya :'(

Alhamdulillah bang saya lulus SNMPTN :)

Slamat Sob (y) semoga lancar ntar kuliahnya

terima kasih infonya
ini yang dicari info pendaftaran sbmptn tahun ini
artikel sip

 
Top