Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Di Facebook ada salah satu teman yang men-share post tentang seorang wanita yang meninggal karena racun arsenik setelah dia memakan udang dan meminum vitamin C, tak lama faro mencari kebenaran tentang hal tersebut dan berikut fakta yang faro dapatkan.

Post di Facebook sebagai berikut ini.

Udang + Vit C = Racun (Arsenic Trioxide)
seorang wanita meninggal mendadak dengan lima panca indera keluar darah, setelah diselidiki ternyata wanita ini meninggal bukan karena bunuh diri atau dibunuh, melainkan karena ketidaktahuan tentang racun akibat makanan.
Wanita ini ada kebiasaan minum Vit C tiap hari. Ini tidak masalah. Masalahnya, malam itu wanita ini kebanyakan makan udang. Sebenarnya cuma makan udang saja juga tidak masalah, karena orang rumahnya juga banyak makan udang malam itu dan tak ada yang meninggal..
Tetapi, karena udang mengandung Arsenic Pentoxide (As2O5), dan berhubung habis makan udang wanita itu minum Vit C, terjadilah reaksi kimia di dalam perut yang membuat As2O5 berubah menjadi Arsenic Trioxide (As2O3) yang sangat beracun.
Ini mengakibatkan hati, jantung, ginjal, pembuluh darah rusak, usus keluar darah, pembuluh darah melebar hingga wanita itu meninggal mengenaskan dengan kelima panca indera keluar darah.
Jadi hati-hati, habis banyak makan udang jangan minum Vit C pada saat yang bersamaan.
Dari tulisan tersebut ada 3 hal penting yakni Udang, Vitamin C dan Racun Arsenic, nah berikut penjelasan yang berhubungan dengan ketiga hal tersebut.

Arsenik sebenarnya adalah mineral yang dapat ditemukan di tanah, bebatuan, bahkan air, arsenik tidak berbau dan tidak berasa, berwarna silver keabu-abuan. Di beberapa negara, arsenik digunakan sebagai pestisida, herbisida, dan insektisida, tumbuhan tidak menyerap arsenik, tetapi arsenik yang menempel pada buah, daun dan batang tumbuhan akibat penggunaan pestisida, dapat berbahaya bagi tubuh manusia.

Hampir semua hewan memiliki kandungan arsenik di tubuhnya, terutama hewan air, tetapi arsenik yang ada di hewan ini tidak berbahaya, seafood dikatakan sebagai sumber utama masuknya arsenik ke tubuh manusia, meski begitu, arsenik dalam seafood merupakan arsenik tak beracun yang disebut dengan arsenik ikan.

Arsenik berbahaya yang masuk ke dalam tubuh manusia umumnya berasal dari pernafasan, hal ini terjadi ketika manusia menghirup asap yang mengandung arsenik, tidak seperti arsenik yang ada pada ikan, asap yang berasal dari pembakaran material arsenik seperti rokok memiliki kandungan arsenik beracun dan berbahaya.

Sekelompok peneliti di Universitas Illinois menemukan bahwa memakan banyak seafood dan mengkomsumsi vitamin C dalam dosis tinggi dapat berakibat fatal, ini dikarenakan bentuk arsenik tak beracun pada hewan (arsenic pentavalent) jika berinteraksi dengan vitamin C dosis tinggi akan menjadi arsenik beracun (arsenic trivalent). Akibat dari arsenik beracun ini adalah memperbesar kemungkinan terjadi kanker pada manusia, kesimpulan yang di dapat dari penelitian ini adalah penggunaan Vitamin C dosis tinggi atau berlebihan dari yang dibutuhkan oleh tubuh akan meningkatkan resiko terkena kanker, karena Vitamin C mengubah bentuk arsenik yang ada di tubuh.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, arsenik masuk ke dalam tubuh dalam berbagai cara, arsenik yang tidak beracun ada pada hewan dan air. Vitamin C dosis tinggi akan mengubah bentuk arsenik tidak beracun menjadi beracun. arsenik beracun juga ditemukan di asap rokok, arsenik beracun mengakibatkan resiko terkena kanker semakin besar.

Kesimpulan dari penjelasan diatas adalah mengkonsumsi udang dan vitamin c bersamaan tidak mengakibatkan kematian mendadak (seperti keluar darah dari panca indra), karena arsenik beracun tidak langsung memberi efek pada tubuh manusia, namun bahaya terkena racun arsenik jangka panjang akan menyebabkan kanker, serta gangguan reproduksi (termasuk gangguan kehamilan dan janin).

Manusia seharusnya lebih takut pada asap rokok daripada mengkonsumsi udang dan vitamin C bersamaan, karena manusia pada umumnya tidak mungkin mengkonsumsi secara bersamaan seafood dalam jumlah besar dan vitamin C dalam dosis tinggi setiap hari kan?

Semoga Artikel ini bermanfaat.
Sumber :
http://www.snopes.com/medical/toxins/shrimp.asp
http://en.wikipedia.org/wiki/Arsenic_poisoning#Causes
http://articles.chicagotribune.com/1985-08-25/news/8502250437_1_insulin-arsenic-diabetes
http://www.dhs.wisconsin.gov/eh/chemfs/fs/arsenic.htm

Post link : http://www.blognafaro.com/2014/05/udang-vitamin-c-dan-racun-arsenic.html

Udang, Vitamin C, dan Racun Arsenic Trioxide

Udang, Vitamin C, dan Racun Arsenic Trioxide
Ringkasan : Benarkah memakan udang dan vitamin C bersamaan akan mengakibatkan kematian? ini faktanya. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Saturday, May 17, 2014
 
Top