Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Sebagian masyarakat menganggap jerawat timbul karena kondisi lingkungan, padahal itu berasal dari diri sendiri.Artikel ini akan membahas penyebab jerawat sekaligus cara mencegahnya, Faro sendiri sudah membuktikan kok..

Diri manusia itu terdiri dari dua bagian, yaitu jasmani dan rohani, tentu keduanya saling berhubungan, seperti pepatah latin [Orandum Est Ut Sit] Mensana Incorpore Sano yang berarti "[marilah kita berdoa semoga] di dalam tubuh yang sehat terdapat pula jiwa yang sehat".

Pengertian Stress.


Stress adalah kondisi yang dimiliki semua manusia berupa ketegangan yang dialami oleh mental maupun fisik manusia, dari pengertian ini dapat diketahui bahwa ada dua macam stress yang dialami manusia. Mungkin ada pembaca (termasuk saya sendiri) yang awalnya menganggap stress itu hanya dialami oleh mental saja, namun pada masalah jerawat, stress fisik juga sangat berpengaruh.

Contoh stress mental yakni sebagai berikut :


1. Kecemasan pada suatu hal yang akan terjadi, seperti deadline kerja yang semakin dekat.
2. Ketakutan, seperti takut di-bully atau takut akan hal lainnya.
3. Kepikiran masalah keluarga atau hubungan lainnya.

Contoh stress fisik yakni sebagai berikut :
1. Olahraga yang berlebih tanpa disertai istirahat yang cukup.
2. Kurang tidur.
3. Gaya hidup yang kurang sehat.
4. Merokok

blognafaro Cara penganggulangan Jerawat

Bagaimana Stress mempengaruhi jerawat ?


Pada lapisan kulit luar manusia terdapat pori - pori, rata - rata kulit berjerawat itu dikarenakan pori - pori ini tersumbat oleh suatu benda (bisa debu, polusi, maupun minyak pada kulit), biasanya hal ini dapat di atasi segera dengan membersihkan kulit dengan sabun. Meski begitu, stress akan menyebabkan tubuh merespon kejadian ini sebagai bentuk peradangan, sehingga dapat menyebabkan pori - pori kulit pecah. Jika ini terjadi maka respon kulit biasanya berupa tanda kemerahan di sekitar pori - pori yang rusak, hasilnya imun tubuh (sel darah putih) akan bekerja melawan benda yang masuk dalam pori - pori dan terbentuklah jerawat.

Selain itu, ketika mengalami stress, kelenjar androgen akan terpacu untuk memproduksi lebih banyak hormon androgen, tingginya level hormon ini dapat mengakibatkan tumbuhnya banyak jerawat, terutama pada wanita.

Hormon androgen sebenarnya adalah hormon yang mengatur seksualitas laki - laki, namun juga terdapat pada wanita, hormon ini mengatur produksi minyak kulit serta perkembangan sel sel kulit yang melapisi folikel kulit rambut. Seseorang yang memiliki kelebihan hormon ini cenderung memiliki kulit berminyak serta ketombe.

Pada manusia, hormon ini meningkat pada masa pubertas, jadi jangan heran jika anda menemui remaja yang berusia 15 - 20 tahun ada yang memiliki banyak jerawat, dan untuk wanita, hormon ini juga akan meningkat pada masa siklus haid, jadi ya wanita cenderung lebih mudah ditumbuhi jerawat daripada pria.

Setelah kita tau bahwa stress adalah sebab utama timbulnya jerawat, maka berikut ini adalah

Tips menangani stress agar kulit tidak mudah berjerawat.


1. Lakukan beberapa latihan relaksasi di selang kesibukan anda, olahraga termasuk salah satu cara terbaik untuk mengurangi stress jika dilakukan dengan intensitas yang tepat, selain itu berkumpul bersama keluarga atau orang yang anda cinta serta bermain dengan peliharaan anda juga efektif mengurangi stress.
2. Seringlah bermeditasi, pikiran yang tenang tentu akan mengurangi stress, selain itu bernafas dalam - dalam juga sangat membantu mengurangi stress
3. Cukupkan waktu tidur, setidaknya tidurlah 6-8 jam sehari.
4. Kurangi ketakutan anda akan jerawat, semakin anda takut kulit tumbuh jerawat, maka semakin besar kemungkinan jerawat akan tumbuh di kulit anda.

Sekian, semoga artikel ini bermanfaat.
Sumber

Post link : http://www.blognafaro.com/2015/01/penyebab-utama-jerawat-adalah-diri.html

Penyebab Utama Jerawat Adalah Diri Sendiri

Penyebab Utama Jerawat Adalah Diri Sendiri
Ringkasan : Jerawat itu berasal dari diri sendiri.Artikel ini akan membahas penyebab jerawat sekaligus cara mencegahnya. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Thursday, January 8, 2015
 
Top