Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Banyak orang salah mengira Emulator Android SDK itu sulit untuk diinstall, sebenarnya mudah, karena Android SDK adalah sebuah archieve, jadi kita hanya perlu ekstrak ke folder saja, namun untuk menjalankan Emulatornya, ada beberapa hal yang harus dipenuhi.

Untuk melihat gambar, klik kanan > buka gambar di tab baru.

1. Download sebuah archieve Android SDK terbaru disini :
klik : http://developer.android.com/sdk/index.html

2. Pastikan Java di PC anda adalah versi terbaru, jika tidak, download dan install Java terbaru :
klik : http://java.com/en/download/windows_offline.jsp

3. Ekstrak Android SDK kesebuah folder.

4. Buka SDK Manager didalam folder tersebut.
Running Android SDK on Windows
open SDK Manager

5. Install Packages Android terbaru, saat artikel ini ditulis, Android OS terbaru adalah Android 4.3
Running Android SDK on Windows
Android 4.3

6. Pada Toolbar, klik Tools > Manage AVD(s)

7. Buat sebuah virtual device.
Running Android SDK on Windows

GOT LAG like mine? coba untuk merendahkan kualitas device menjadi mdpi atau ldpi
Hdpi to mdpi or ldpi

8. Jalankan vitual device , klik start kemudian launch
Running Android SDK on Windows

9. Jika anda baru pertama kali menjalankan virtual device tersebut, maka diperlukan waktu yang cukup lama untuk membuat sistem android bekerja di PC anda, maka bersabarlah.

10. Android SDK telah siap digunakan untuk uji coba.
Running Android SDK on Windows

Semoga Bermanfaat.

Post link : http://www.blognafaro.com/2013/10/cara-install-emulator-android-sdk-di-windows-pc.html

Cara Install Emulator Android SDK di Windows PC

Cara Install Emulator Android SDK di Windows PC
Ringkasan : Banyak orang salah mengira Emulator Android SDK itu sulit untuk diinstall, sebenarnya mudah, karena Android SDK adalah sebuah archieve, jadi kita hanya perlu ekstrak ke folder saja, namun untuk menjalankan Emulatornya, ada beberapa hal yang harus dipenuhi. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Thursday, October 24, 2013

153 comments

gan kok saya abis buka SDK Manager nya langsung ketutup sendiri ? pencerahannya dong

Langkah nomer 2 gan : Pastikan Java di PC agan itu versi terbaru, download disini : http://java.com/en/download/windows_offline.jsp

Mau tanya supaya bisa internetan dari emulator gimana caranya pak?

Kemari pak : http://blognafaro.blogspot.com/2013/10/unable-to-complete-setup-di-bbm-for-android-emulator-android-sdk.html

gan kalau agak lag gitu, apakah bisa diatur supaya nggak lag??
Misalnya dengan mengurangi kualitas device atau kapasitar memory yg dibutuhkan begitu?

bisa gan, devicenya jadikan yang Low DPI (ldpi) terus RAMnya 512Mib

iya gan udah bisa , abis yang start Device nya kan loading tuh terus loadingnya ilang devicenya ga muncul" itu memang agak lama ya ? kira" berapa lama gan ?

Eh sorry maksudnya pas devicenya muncul kan ada tulisan android nah itunya kok lama banget ya ?

Indikasinya kalo Android Emulator udah selesai loading itu di task manager, emulator-arm.exe make memori lebih dai 350MB gan, ini fotonya : http://2.bp.blogspot.com/-0R5Ornj8OcY/UmpE2cBNl5I/AAAAAAAAAJ4/7Nqs7nWAyLg/s1600/trik+lain.png

Oke gan ane coba.. :)
Thanks pencerahannya.. :D

gan, kok udah 1 jam gw tungguin loadingnya ga selesai selasai ya?

loading android atau bbmnya gan?
coba agan kurangi kualitas device jadi ldpi, atau untuk ram 512MiB aja gan

ini minimum spek PC tuh Dual Core dan RAM 2GB gan

gan cara instal play store gimana gan ?

Cara mengatasi ini gimana ya??

http://prntscr.com/201jyr

Masih tidak bisa juga nih pak

bang install packges g z diperc4 kah??

klo untuk windows xp yang 32 bit atau 64 bit??

ini Emulator gan, jadi nggak ada playstore

isi nama emulatornya gan, isi semua settingannya juga

packages dari google gan, jadi saya belum tau cara manual installnya

64 bit jalan di semua platform gan

berarti lama juga ya nungguinnya,,, nunggu 100mb aja bisa setengah jam

gan kok pas ane start adv nya lama banget gan, udah 10 menit lebih blom muncul-muncul -_-

waaah saya windows xp download nya yg 32bit gan, gmn tuh???? :o

lihat di task manager gan, kalo setingan avd devicenya yang ldpi (kualitas terendah) minimal pemakaian emulator.exe di processes task manager itu 350MB

ane liat di tsk manager gk ada tu gan emulator.exe nya :'(

minta printscreen task managernya gan

gan udah berhasil gan, cuman layar nya kecil amat wkwkwkwk >_<

gan ada tulisan kaya gini ..!!
Starting emulator for AVD 'BBM'
PANIC: Could not open: BBM

gan tadi saya coba install BBM nya bisa tapi koneksi nya tidak terdeteksi, truss saya tutup emu nya truss saya buka lagi dari awal eeh kok malah aplikasi BBm nya hilang gan?? jadi ane download ulang naaah tu knp gan???? :o

baca gan :
http://blognafaro.blogspot.com/2013/10/Masalah-pada-black-berry-messenger-bbm-di-pc.html

pindahin folder sdk-nya gan ke drive lain, terus jalanin sdk managernya..
kalo masih terjadi kayak gitu : baca problem 10 n solusinya disini gan :
http://blognafaro.blogspot.com/2013/10/Masalah-pada-black-berry-messenger-bbm-di-pc.html

pindah kek gmn gan?? saya tu install nya di (D) gan apakah harus saya pindah tu semua nya ke HDD (F)???? :o

heeeee pindah ke dekstop tu kan shortcut nya gan bukan folder sdk nya :o

copy folder ekstrak adt-bundle-windows , paste di desktop

gan tu emulator Android nya emang gk ada suara nya ya gan kalo pas ada notifikasi pesan gitu :o

biar ada suaranya, setelah chat, kembal ke kontak gan, atau menuju menu android, pokoknya minimize apps bbmnya, ntar kalo ada yang chat , langsung bunyi gan

gan udah ane coba gan copy folder adt-bundle-windows truss ane paste ke dekstop, truss ane coba download BBM nya lagi naaah abis itu ane close emu nya truss ane buka lagi app BBM nya hilang gan seperti kembali seperti semula gitu :o

ikutin cara solusi no 10 disini gan : http://blognafaro.blogspot.com/2013/10/Masalah-pada-black-berry-messenger-bbm-di-pc.html

udah bisa kok gan, ternyata ane tadi lupa kunci layar nya ane tadi langsung close emu nya hehe :D

oh iya gan, nie mau ane coba install LINE bisa kan??? :o

wiisss mantep gan, LINE nya terinstall Makasih banget atas share info nya yg sangat bermanfaat ini :D

oh ya gan, nie cara menghapus aplikasi nya gmn?? soal nya saya install LINE cuman buat akun nya doank gan :D

Di Emulator Android, Menu > Setting > Apps > Line > Uninstall

Gan pas di tahap open sdk manager ga terbuka gan cuma keluar layar hitam aja terus langsung tertutup

Gan kalau ada android 4.4 yg di instal yg mana?

install folder yg 4.4 dan folder extrass

Gan klo msalnya ad android 4.4,,tpi yg di install android 4.3 nya pengaruh gk?

Gan ane sudah install plus nyoba jalanin...
terus ane tutup emunya, cara jalaninya lagi gimana??
mohon pencerahan..

Minta saran Gah

Ane dah sampe di tahap ini malah gak bisa detect koneksi Gan padahal koneksi Ane normal
http://s24.postimg.org/t4okee7wh/Koneksi_bermasalah.jpg

Mohon pencerahannya

gan
itu step 6
6. Pada Toolbar, klik Tools > Manage AVD(s)

cari dmn ya? :(
ane windows 7

gan waktu nginstall packages kurang dua trus ada tulisan URL not found: C:\Program Files\Android\android-sdk\temp\google_apis-19_r01.zip (Access is denied).

Gk biasa tulisannya "Eror:Filed to parse properties from C:\User\Me\.android\avd\new.avd\config.ini

Setiap saya klik start munculnya "emulator-arm.exe has stopped working" terus, itu kenapa ya?

tutup sdk manager terus coba buka lagi dengan run as administrator

dari gambarnya itu bbm has stopped y gan, buka lagi iconnya gan..

di sdk manager, bagian kolom bawah ada folder extrass, nah disitu ada beberapa packages yang belum terinstall, coba didownload dan install dulu

gan kok logo androidnya lama banget

iya gan tergantung komputernya, punya saya 15 menitan

Gan aq dah berhasil itu makai SDK, kemarin PC aq ganti win 8.1 enterprise normal SDK nya, trus adiku minta tukeran modem aku makai modem adiku ini Android SDK gak muncul sama sekali qulang2 tetep sama saja, kira2 apanya ya gan ? terimakasih atas tanggapannya.

bro, gimana klw tidak bisa terinstal, katanya perlu meng update grapicht drivernya.

saya rasa modem nggak berpengaruh sob, kalo android sdk tidak muncul, ada permasalahan pada program javanya

maaf sob, kalo seperti itu berarti memang grafik driver komputernya masih belum terdukung, jadi ya diupdate saja, driver bisa didownload di website merek komputernya kok

assalamu'alaikum..saya mau tanya kalau membuat aplikasi android misalnya tentang materi perkembangan atom, itu bagaimana? mohon bimbingannya

maaf mbak, saya belum begitu mengerti tentang cara membuat aplikasi android.

gan ko ane coba pas start gk bisa yaa ..?? dibawahnya ada tulisan "could not open:new" .. itu kenapa yaa ..??? tolong solusinya .. (p)

coba Android SDKnya di run as admin

tanya gan, apa kah hasil download package nya masuk ke folder SDK nya? trus ini apa bisa langsung jadi tanpa pake aplikasi genymotion?

iya semua yang didownload masuk dalam folder SDK, dan ini adalah program portable, bisa dipakai tanpa aplikasi genymotion

oke gan thx info nya.. ini bbm saya bisa dan sangat lancar.. cuman saya instalasi nya gak dari aplikasi browser nya.. saya pake cara manual melalui command prompt.. lumayan cepat.. haha

gan udah finis bisa bbm an, cuma pas buka lagi app bbm nya ilang gan, mohon solusinya...

run as admin gan android sdknya...

gan berenti di layar tulisan android nih, mohon pencerahannya (p)

tunggu aja sob, tapi kalo udah setengah jam nunggu masih belum muncul tuh android, gedein RAM AVDnya sampe 768MB.. sarannya segitu jangan lebih ntar malah komputernya jadi ngelag.. :)

gan..ane udah bisa bbm'an...cuma klo cara setting suara pesan masuk gmn ya gan?? tlg di bantu gan..thx

Kalo mau ada suara pesan masuk di android emulator, caranya tiap kali selesai chat, minimize BBMnya sob :) ntar bunyi kok

Bisa gan. ane dah install yang versi android 4.4 di netbook. berhasl. dicoba saja

gan saya kan sudah masuk di genymotionnya
untuk instal bbmnya tanpa playstore gmna ya? mohon pencerahannya gan

saya pakai emulator android SDK gan, buat cara installnya disini : http://www.blognafaro.com/2013/10/cara-install-file-apk-di-emulator-android-sdk.html

Gan,,tu android ADK nya bneran 480Mb??

Gan,tu kalo mau download android ADK nya beneran 480Mb??

gan instagram belum bisa ya di android sdk, soalnya saya gagal terus muncul tulisan "dismis"

Mohon pengajarannya mas, saya ga ngerti wktu saya open malah jadi begini http://prntscr.com/2gr0jl ini knpa ya mas? tolong di jwab bgt ya mas. ;-(

cara masukin game android hasil downloadtan gimana caranya?

Gan saya udh buat AVD nya >> start >> Launch >> loading starting emulator for AVD terus langsung ilang gk ada muncul apa" gan udh saya tungguin 1 jam gk muncul" emulator android SDK nya itu knp iya gan ??
pencerahannya gan ...

Bisa g emulator ini buat game android?

Terima kasih, sy sudah berhasil menginstal android di PC. Yg lain2 sambil jalan mempelajarinya... teng yu Mas...

WAHAHAHHAH BERATNYA 450MB =))
UNTUNG SPEED DOWNLOAD ANE 500Kb/sec 8-)
thanks ingpoh

gan punya gue ngelack knpa ya? lemot bnget tetep not responding

spesifikasi laptopnya minimal core 2 duo 2 GB RAM gan, kalo udah memenuhi tapi lemot, coba agan kurangi kualitas AVDnya jadi resolusi ldpi

bisa gan :D lancar jaya yang penting laptopnya kuat

kalo itu karena setting RAM di AVDnya kekecilan gan, coba gedein jadi 756MB, kalo ngelag, kurangi kualitas AVDnya jadi ldpi,

sama seperti msukin bbm for android gan, : http://www.blognafaro.com/2013/10/cara-install-file-apk-di-emulator-android-sdk.html

sagat bermanfaat mast broo .,. lancar jaya nih (o)

iya cukup download aja terus jalankan seperti itu sob :)

Gan, Bootnya emang lama (pas tulisan android) ya Gan ?

Gan klw mau INstal Game gimana

ngan KOk lelet ea ,,, bantuan nya ngann lelet nie?
sdangkan kan sara core2 ram2gb

kok tetep ada "emulator-arm.exe has stopped working" gmna tuh

gan kalo udah download sdk terus jadinya wirar itu gimanaaa :(

nanti itu yang diekstrak mbak, jadi sebenarnya tidak ada proses install seperti software, cukup extract terus SDK manager gitu

kalo nambahin foto/app gimana mas?

mas abis di klik start ko menghilang ga keluar-keluar kenapa ya mohon bantuan nya?

ini masalah saya pertama kali buka emulator android, yang saya lakukan itu menguninstall java, restart windows, terus install java yang baru

ada di postingan saya yang lain mas,
http://www.blognafaro.com/2013/10/cara-memasukkan-gambar-kedalam-emulator-android-sdk.html
http://www.blognafaro.com/2013/10/cara-download-file-apk-di-google-playstore.html
http://www.blognafaro.com/2013/10/cara-install-file-apk-di-emulator-android-sdk.html

sip gan,
saya mau coba ah nginstal android di laptop saya, lumayan bisa coba coba aplikasi android di pc sebelum di instal di hape
:p

gan emulator android nya bis game apa aja gan

hampir bisa apa aja gan, yang penting punya apknya, tapi beberapa applikasi yang butuh id handphone ada yang nggak bisa

gan spesifikasi laptop ini bisa gk buat instal emulator android sdk
Processor : AMD E-350 APU with Radeon(tm) HD Graphics 1.60 GHz
Ram : 2,00 GB (1,59 GB usable)
System type : 32 Bit

tolong bantuan nya

kalo dari ramnya udah segitu kuat gan :)

Gan kalo ane udah klik start tapi kok muncul launch option ? gimana gan ?

gan, knp android sdk yg saya klw di klik "SDK Manager.exe" suka ada CMD trus keluar ???

Tapi apakah sdk managernya jalan gan?
bisa jadi itu konfigurasi dari sdk managernya. :)

Gan, kok di laptop saya gak bisa dibuka sdk managernya, apakah harus diinstall javanya juga ya gan ? :D

iya gan, kalo misal ada java lama, uninstall dulu terus install yang baru juga gan :)

kalo layar hitam itu bisa dikarenakan RAMnya kurang, atau javanya belum update, nah saya sendiri setelah install ulang windows juga mengalami hal yang sama, yang saya lakukan adalah mencoba beberapa device dengan RAM yang saya setel 768MB

saya coba, semoga berhasil. Kunjungi juga sonyab31.blogspot.com

gan ko ane tiap mau nginstall apk tulisannya kaya gini "more than one device and emulator" ata engga "no such directory"

itu menginstall melalui command prompt y gan? coba agan buka emulator, jalankan android, jangan diapa-apain tapi langsung install apknya lewat adb, untuk yang no such directory itu karena nama apk yang berbeda gitu gan..
kalo masih gagal terus coba agan pake cara online gitu.. ^_^

Kalau Windows XP RAM 1.2 GB kuat gk gan?

kalo agan mau make cuma untuk bbman, pak bluestack bisa gan, hehhehe.. setau saya minimal 2GB kao android emulator sendiri.. :(

om .... waktu biki CREATE AVD ,,,, tombol OK kok nga bisa ya om ..... help

gan kok keluat gini "an android virtual device that failed to load. click detail to see error" kenapa tu gan??? blank emulatornya

gan klo pake ssh di jamin work gak

Cara Offline gimana sihhhh??

Sedang diuji coba.Apakah bisa untuk download dari play store?

sayangnya nggak ada playstore mas

gan apa dalam menjalankan sdk harus instal semua package nya? trims tanggapannya..

tidak gan, pake package yang ada saja sudah cukup :)

kenapa ya gan slalu muncul tulisan kayak gini

sorry, we still could not detect a valid JDK, which we need to proceed

if setting your JDK path manually, make sure you have browsed to a parent directory that contains a "bin/java.exe" whose version reports 1.7 or higher when you run "java.exe-version"

pdahal udah nginstal java nya gan tolong pencerahanya

coba agan set dulu path javanya.. caranya ada disini gan :)
https://www.java.com/en/download/help/path.xml

gan, Saat saya star AVD-nya, di emulatornya keluar tulisan "cannot connect to the android wear app on your phone. swipe for some tips" setelah saya klik reply, tetep gak ada keluar android nya

kok bisa keluar kayak gitu y gan, padahal harusnya itu tidak ada phonenya, agan tidak sedang menghubungkan hp dengan komputer kan saat menggunakan emulator?

gan android sdk,beasar amat 800 mb an.

download blogger laen 35 mb an tuh.penjelasnnya gan

mantap dah artikelnya kawan
http://acemaxs31.com/obat-ambeien-herbal/

kok setelah klik star nggak mau jalan,bang.

BW sob, susah banget saya dari kemarin belum berhasil pasang. padah semua perangkat sudah terinstal

pnya gw win xp bisa gan, padahal ram cuma 1 gb, wlwpun agk lola sih.. tapi gw mau tnya, ini bisa gak di jadiin aplikasi atau di buat format exe???? terimakasih, mohon di jawab

 
Top