Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Faro sering merasa mata panas saat berlama-lama didepan layar monitor terutama saat malam hari, kadang mata lelah tapi sulit tidur, ya gejala seperti itu banyak orang bilang sebagai "efek radiasi layar monitor".

Flux Logo

Faro disini tidak membahas tentang apa itu radiasi layar monitor, tiap orang punya pendapat berbeda-beda, tetapi yang aneh dari radiasi layar monitor itu terjadi umumnya pada layar monitor terang dan waktunya kebanyakan pada malam hari atau pada saat minim cahaya ruangan. Kok bisa seperti itu?

Secara tidak ilmiah, warna cahaya terang dari layar monitor itu bisa dihampir-samakan dengan warna cahaya matahari di siang hari, kesimpulan ini faro ambil karena faro jarang sakit mata saat online di luar kelas, malah kadang layar monitor komputernya faro terangin biar lebih kelihatan tulisan dilayarnya.

Akibatnya kita tidak merasakan adanya radiasi monitor di siang hari atau saat keadaan cahaya ruangan terang, nah saat malam hari atau di ruangan yang pencahayaannya kurang, mulailah terjadi radiasi layar monitor.

Efek warna terang layar monitor yang mirip dengan warna terang matahari apa aja sih ? seperti yang anda rasakan saat melihat warna kontras, mengakibatkan mata anda sakit, tapi konon menurut wikipedia, cahaya cerah kebiruan pada layar monitor yang mirip dengan cahaya matahari akan menghambat sekresi hormon Melatonin di otak, Melatonin adalah antioxidan tubuh yang sangat kuat, ini adalah salah satu hormon yang membuat tidur nyenyak.

Jadi kalo kekurangan Melatonin, menyebabkan susah tidur ya? iya itu salah satunya, beberapa hal lain yang diakibatkan oleh kekurangan melatonin adalah
menurunnya sistem kekebalan tubuh, Autisme, Penuaan dini, dan menambah kemungkinan diabetes, sumbernya dari Wikipedia Melatonin.

Setelah cerita panjang diatas, kita bisa saja mengurangi kecerahan layar monitor, namun itu tidak cukup, karena warna cerah kebiruannya masih ada, kalo gak percaya coba redupin cahaya kamar, tetep silau apalagi untuk yang suka menggunakan komputer sebelum tidur.

Ada software gratis namanya f.lux, software ini cara kerjanya secara sederhana merubah warna monitor menjadi ramah sesuai dengan jam kerja, jadi ketika siang hari layar normal dan malam hari otomatis warna layar menjadi ramah. warna ramah maksudnya mengurangi insensitas warna tajam seperti biru dan menambah warna tidak tajam seperti orange atau merah, jadi mata tidak cepat lelah serta tidak menghambat sekresi hormon Melatonim, faro tau dari sini.

ok jadi intinya software ini mengurangi warna sensitif seperti biru dan menambah warna tidak sensitif seperti merah agar mata tidak lelah dan membuat tidur lebih nyenyak. faro sudah buktikan kok.

lanjut ke link download aja ya..

silahkan didownload di sini : justgetflux 503KB

Cara installnya seperti instalasi software biasanya, tinggal next gitu

Untuk pengaturan, biasanya otomatis, tetapi jika ingin mengatur insensitas warna, ada tombol setting di dalamnya, atau klik kanan pada icon F.lux di taskbar.

Post link : http://www.blognafaro.com/2013/11/flux-software-yang-mengurangi-radiasi-layar-monitor.html

F.lux Software yang Mengurangi Radiasi Layar Monitor

F.lux Software yang Mengurangi Radiasi Layar Monitor
Ringkasan : Faro sering merasa mata panas saat berlama-lama didepan layar monitor terutama saat malam hari, kadang mata lelah tapi sulit tidur, ya gejala seperti itu banyak orang bilang sebagai efek radiasi layar monitor. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Sunday, November 3, 2013
 
Top