Sepertinya Pemblokir Iklan Anda Aktif
Maaf, Sayangnya blog ini tidak bisa hidup tanpa bantuan dari iklan.
Mohon nonaktifkan terlebih dahulu Pemblokir iklan (misal: Adblock) khusus untuk blog ini.
Setelah Anda menonaktifkan AdBlock, silahkan reload halaman ini.
Terima Kasih, semoga anda selalu dimudahkan pada setiap usaha, serta semoga Tuhan menambah kualitas kesehatan anda sekeluarga.

Jabat tangan
FaRo.

Laptop / Komputer kini telah menjadi barang sekunder, bahkan primer bagi beberapa orang, komputer sangat membantu pekerjaan kita, mulai dari hal sederhana seperti mengetik bermain game dan lain-lainnya, namun seperti manusia, laptop / komputer juga memiliki umur.

Komputer debu, virus
Disini kata komputer mewakili PC (Komputer statik) dan variane Notebook (Komputer portable).

Untuk mengetahui umur komputer mudah saja, biasanya pabrik merek komputer berani memberikan garansi sesuai dengan reliabilias produknya, jadi lama garansi pabrik sebenarnya adalah umur dari komputer itu, berapa lama garansi pabrik komputermu ? sebagai catatan, garansi pabrik berbeda dengan garansi toko.

Setelah mengetahui umur komputer, bersyukurlah jika komputer anda masih nyaman dipakai setelah melebihi garansi pabrik (biasanya 3 tahun), menurut faro, komputer yang nyaman dipakai adalah komputer yang cepat tanggap (no lag), selain itu memiliki kecepatan startup yang singkat, ya kriteria tiap orang bisa berbeda, apakah anda merasa nyaman dengan performa komputer anda?

Ada yang bilang jika ingin komputer awet, ya harus dirawat baik - baik. Pernyataan ini memang benar, bahkan untuk semua hal jika dirawat dengan baik juga hasilnya akan awet, nah cara untuk merawatnya yang mungkin tiap orang berbeda, kali ini faro berbagi tips cara merawat komputer agar tetap nyaman dipakai.
Untuk melakukan perawatan komputer dilakukan dari eksternal dan internal komputer.

Segi Eksternal.
  1. Buat Layar Tetap Bersih
  2. Layar atau komputer yang bersih tentunya membuat kita nyaman dalam menggunakan komputer, gunakan pembersih yang baik seperti kapas atau tisu, jika ada noda, bersihkan menggunakan alkohol atau pembersih layar.
  3. Hindari Makanan atau bahkan Minuman masuk ke keyboard.
  4. Sebenarnya ini berlaku untuk semua hal yang mungkin masuk ke keyboard, makanan yang masuk ke sela - sela keyboard akan mengakibatkan keyboard menjadi tidak tanggap, selain itu akan menggores sirkuit dalam keyboard, akibatnya akan ada tombol keyboard yang mati. Untuk minuman atau cairan, jika masuk ke dalam keyboard akan mengakibatkan konslet pada komponen penting didalamnya, terutama laptop, karena dibawah keyboard laptop pada umumnya adalah tempat CPU dan Harddisk yang merupakan jantung laptop. Solusinya, gunakan pengaman keyboard untuk melindungi keyboard.
  5. Usahakan Komputer Tetap Dingin
  6. Maksudnya adalah jangan biarkan komputer kita terlalu panas (over heat), hal ini akan mengakibatkan komputer tiba - tiba mati, serta pengurangan kemampuan komponen komputer, akhirnya hardisk anda akan rusak. sebelum hal ini terjadi, belilah cooling pad (untuk laptop) atau kipas tambahan untuk komputer anda.
  7. Hindari tempat lembab
  8. Menggunakan komputer di tempat lembab memungkinkan adanya embun di sirkuit komputer anda, embun tadi bisa mengakibatkan hubungan arus pendek di komputer.
  9. Hindari tempat berdebu
  10. faro pernah membuka casing laptop, faro menemukan gumpalan besar debu di lubang ventilasi laptop, hal ini membuat laptop mudah panas karena ventilasi yang tertutup. Oleh karena itu hindari tempat berdebu seperti diatas kasur. oia, berhubungan dengan ventilasi tertutup, menggunakan laptop diatas kasur akan membuat ventilasi kipas dibawah laptop akan tertutup juga, akhirnya akan terjadi kerusakan pada kipas. kerusakan pada kipas (kipas mati) akan membuat laptop over heat dan mati. jika hal ini terjadi terus menerus, Hardisk internal laptop akan rusak.
  11. Matikan komputer dengan cara yang baik.
  12. Matikan komputer dengan cara shutdown, sebisa mungkin jangan menggunakan tombol power, alasannya tombol power adalah pemaksaan pada komputer untuk mati padahal beberapa program masih berjalan di dalamnya. hal ini akan mengakibatkan gagal booting windows, meski beberapa masalah gagal booting windows bisa diatasi, namun jika terjadi berkepanjangan akan membuat hardisk rusak.
  13. Hindarkan laptop dari tempat sempit dan panas.
  14. maksudnya adalah jangan taruh laptop anda di tempat sempit ketika dalam keadaan panas, hal ini akan membuat laptop anda mengalami kerusakan terutama di bagian layar / graphic card, layar bisa saja bergaris, solusinya, biarkan dingin terlebih dahulu laptop anda sebelum memasukkannya ke tas, dan hindari menaruh tas laptop di bawah tumpukan (sebagai contoh tumpukan tas di travel), laptop tergencet lama akan mengakibatkan kerusakan pada laptop.
  15. Tetap Gunakan Baterai Laptop
  16. Alasannya sederhana, dari serentetan penjelasan diatas, faro selalu mengingatkan tentang hindari laptop mati secara paksa, ya gunakan baterai untuk jaga - jaga jika listrik padam secara mendadak, manakah yang anda pilih, awetnya baterai atau awetnya laptop anda?

Beberapa trik diatas memang membutuhkan biaya tambahan seperti membeli screen guard, cooling pad dan keyboard cover, tapi total biaya tambahan untuk membelinya tidak lebih dari 100ribu, tentunya harga tersebut jauh tidak sebanyak biaya mengganti komponen dalam laptop.

Perawatan dari Segi Internal laptop (untuk Windows OS) :
  1. Rajinlah membersihkan Recycle Bin anda
  2. Recycle Bin adalah tempat sementara berkas yang kita hapus, gunanya mempermudah mengembalikan file yang tidak sengaja kita hapus, nah hal ini akan jadi masalah jika file di dalam recycle bin menumpuk, laptop akan menjadi lebih berat karena banyak file sampah didalamnya, rajinlah menghapus permanen file yang anda anggap tidak berguna di dalam recycle bin,klik kanan icon pada recycle bin kemudian klik empty recycle bin
  3. Gunakan Anti Virus ter-Update
  4. Anti virus yang terupdate akan mengamankan komputer anda dari masuknya virus, banyak kesalah-pahaman bahwa komputer yang memiliki antivirus adalah bebas virus, sebenarnya komputer yang bebas virus adalah komputer yang rajin update antivirus tiap hari dan rajin full scan system tiap minggu.
  5. Gunakan Anti-Malware
  6. Menurut faro, Anti malware adalah salah satu program wajib yang harus ada di komputer, alasannya karena faro pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan karena sebuah Malware telah membuat wifi dan sistem firewall windows faro tidak bekerja. Sama seperti Anti virus, Anti Malware juga harus rajin diupdate dan dilakukan scan malware rutin. sekedar info, malware adalah bapak dari virus , worm dan trojan, lebih lengkap silahkan baca Symantec : What is Malware, Viruses, Spyware and cookies
  7. Bersihkan Sampah di windows
  8. Cara menggunakan CCleaner, klik Analyze, setelah muncul hasil, klik run Cleaner.
  9. Kurangi startup program yang tidak penting.
  10. Startup program biasanya di-setting oleh pengguna windows saat program itu diinstall, keterangannya biasanya seperti ini "run program on startup?", nah untuk mengurangi startup program yang tidak penting, anda bisa menggunakan CCleaner, pada program CCleaner, di bagian Tools sebelah kiri, pilih startup program, maka akan muncul daftar program yang berjalan di startup, klik untuk disable.
  11. Bersihkan Registry yang tidak penting.
  12. Registry ibaratnya buku panduan dalam laptop, jika terlalu banyak registry sampah (registry sisa uninstall program dll), untuk membersihkannya, faro sarankan menggunakan CCleaner, pada tab registry, klik analyze, setelah muncul hasil klik run cleaner, tidak perlu membackup registry, langsung pilih delete saja.
  13. Jangan menginstall program yang tidak dikenal
  14. Program yang tidak dikenal membuat komputer kita menjadi berat, contohnya install add-ons yang tidak bermanfaat, toolbar, dan lain - lain, asal program seperti ini biasanya dari suatu website atau program yang menyediakan game gratis, converter gratis dll.
  15. Simpan file selain di drive windows
  16. selain mengamankan data anda ketika install ulang windows, menyimpan file di drive lain akan membuat windows berjalan lebih lancar, alasannya saat terlalu banyak file di drive berisikan windows, pekerjaan system dalam mencari program - program anda akan semakin berat, pernahkah anda menunggu lama hanya untuk membuka suatu folder?

yah itu saja tips dari faro, tips ini berdasarkan pengalaman sendiri dan teman - teman yang pernah memiliki masalah pada laptopnya,
semoga bermanfaat.

Post link : http://www.blognafaro.com/2013/11/tips-agar-laptop-komputer-tetap-awet.html

Tips Agar Laptop / Komputer Tetap Awet

Tips Agar Laptop / Komputer Tetap Awet
Ringkasan : Laptop / Komputer kini telah menjadi barang sekunder, bahkan primer bagi beberapa orang, komputer sangat membantu pekerjaan kita, mulai dari hal sederhana seperti mengetik bermain game dan lain-lainnya, namun seperti manusia, laptop juga memiliki umur. .
Jumlah Kata : | Dipublikasikan pada Saturday, November 30, 2013
 
Top